Selasa, 23 Juli 2013

SPIRULINA makanan terbaik dunia

Apa itu Spirulina?
               
Spirulina adalah sumplemen makanan “Superfoods” alami yang baik untuk tubuh dan memiliki kandungan gizi tinggi. Kandungan nutrisinya sangat padat, natural, lengkap dan seimbang. Kaya akan protein, chlorophyll, Gamma-linolenic Acid (GLA), enzim, antioxidant, vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh serta mudah diserap oleh pencernaan.
Spirulina telah dikonsumsi manusia sejak abad 9 dan mulai dipelajari lagi oleh Amerika, Jepang dan Perancis sejak 50 tahun yang lalu untuk dikembangkan sebagai makanan masa depan karena kemampuannya yang luar biasa dalam mensintesis makanan terkonsentrasi berkualitas tinggi yang lebih efisien daripada tumbuhan lainnya. Kelebihan utama Spirulina adalah kandungan protein lengkap sebesar 60-70%, dengan semua asam amino esensial dalam keseimbangan sempurna, selain juga terkandung zat-zat bergizi lainnya yang kaya manfaat.
Spirulina sering kali dimasukkan dalam jenis-jenis alga, meskipun sebenarnya Spirulina termasuk dalam jenis Cyanobacteria, bersel tunggal dan berwarna biru-hijau. Nama Spirulina sendiri berasal dari kata Latin untuk “helix” atau “spiral”, yang menunjukkan konfigurasi fisik dari organisme ini yang berbentuk putaran-putaran, untaian mikroskopis.
          
Meskipun bersel tunggal, ukuran Spirulina relatif besar, mencapai panjang 0,5 milimeter, sekitar 100 kali ukuran rata-rata alga lainnya, yang membuat beberapa individual Spirulina dapat terlihat dengan mata telanjang. Alga dibedakan menurut warna yang mendominasi, dan dibagi menjadi biru-hijau, hijau, merah dan coklat. Spirulina merupakan salah satu alga biru-hijau karena kehadiran kedua klorofil (hijau) dan phycocyanin (biru) pigmen dalam struktur selular.
Spirulina hanya dapat tumbuh di air tawar alkali atau air laut dalam kisaran pH 8 – 11 dimana mikroorganisme lain tidak dapat tumbuh. Selain itu, Spirulina tumbuh subur di perairan yang hangat dari suhu 32 sampai 45° Celcius dan bahkan diketahui bisa bertahan hingga suhu 60° Celcius.
Kemampuan Spirulina tumbuh di lingkungan panas dan alkali ini juga memastikan kondisi higienis-nya, karena tidak ada organisme lain dapat bertahan untuk mencemari perairan di mana ganggang ini tumbuh dengan subur. Berbeda dengan stereotip asosiasi mikroorganisme dengan “kuman” dan “sampah”, Spirulina sebenarnya salah satu tumbuhan yang terbersih, makanan yang paling alami steril ditemukan di alam.
Spirulina bukanlah tumbuhan biasa karena merupakan tumbuhan “nukleus” yang berarti tumbuhan yang berada pada titik puncak perkembangan antara tanaman dan hewan. Sehingga posisi Spirulina berada di atas tumbuhan lainnya karena tidak memiliki membran selulosa keras yang menjadi karakteristik sel tumbuhan. Namun sistem metabolik yang didasarkan pada fotosintesis, proses produksi energi makanan langsung menggunakan sinar matahari dan klorofil, yang khas dari bentuk kehidupan tanaman.

MANFAAT SPIRULINA
  1. Memperkuat sistem kekebalan: Para ilmuwan kedokteran menemukan bahwa Spirulina bukan hanya merangsang sistem kekebalan, tetapi sebenaranya juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghasilkan sel-sel darah baru. Bagian-bagian penting dari sistem kekebalan, sel tangkai sumsum tulang, makrofaj, sel-T dan sel-sel pembunuh alami, kelanjar limpa dan kelenjar timus - semuanya menunjukkan peningkatan aktifitas. Para ilmuwan menemukan bahwa hal ini menyebabkan meningkatnya jumlah makrofaj, menjadi aktif dan lebih efektif membunuh kuman.
  2. Mendukung kesehatan kardiovaskular dan menurunkan kolesterol: Penelitian nutrisi hewani di Mexico, Argentina, Japan dan India menemukan manfaat penurunan kolesterol dan peningkatan fungsi arteri jantung, yang menghasilkan tekanan darah lebih rendah. Penelitian-penelitian yang diumumkan terhadap orang-orang di Jepang dan India menunjukkan beberapa gram Spirulina setiap hari bisa menurunkan kolesterol. Penelitian ini menyarankan Spirulina akan mengurangi serum LDL (Low Density Lipoprotein - kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein - kolesterol baik).
  3. Meningkatkan perlidungan antioksidan: Molekul-molekul radikal bebas akan merusak sel-sel tubuh kita. Molekul-molekul radikal bebas disebabkan oleh polusi, diet yang buruk, stres dan cidera. Gizi antioksidan mampu memberantas radikal bebas pengoksidasi yang berbahaya ini. Vitamin-vitamin antioksidan utama adalah beta-carotene, provitamin A, C dan E. Mineral antioksidan, selenium, mangan, seng, tembaga, besi dan chromium membentuk enzim antioksidan tubuh kita. Spirulina mengandung semua unsur ini dan tingkat beta-carotene dan zat besi yang luar biasa tinggi.
  4. Nutisi Sayuran: Kebanyakan dari kita tidak makan cukup sayuran. Menggunakan 3 gram Spirulina akan membantu anda mencapai tujuan anda menyediakan antioksidan dan phytonutrien yang setara dengan 3 sajian sayuran yang dibutuhkan oleh tubuh anda.

Spirulina - untuk ibu hamil & menyusui + anti kanker
Spirulina adalah sumber makanan tambahan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, karena terbuat dari ganggang hijau-biru yang merupakan tumbuhan yang memiliki kandungan gizi tinggi yang menakjubkan. Spirulina mengandung 65-71% protein lengkap, semua asam amino esensial, 19% karbohidrat dan 8% mineral. Selain itu, produk ini juga mengandung Folate (68x bayam), beta carotene (25x wortel), GLA (3x EPA) yang dapat menurunkan kolesterol jahat, serta vitamin B12 (2x hati sapi), cal (10x susu), vitamin E (3x wheat germ), zat besi (58x bayam), protein (3.5x daging sapi), dan 15 jenis mineral. Lebih lanjut, Spirulina juga mengandung potasium, zinc, magnesium, mangan, selenium, dan fosfor.

GLA merupakan asam lemak esensial omega 6, berfungsi membantu tubuh membentuk prostaglandin yang merupakan induk dari bermacam-macam hormon yang mengatur proses dalam tubuh seperti tekanan darah, sintesis kolesterol, inflamasi, sistem imun, dan pembelahan sel; membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik sehingga baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah; membantu penyembuhan diabetes, osteoporosis, sindroma klimaterik (gejala awal pre-menopause), PMS, alergi, radang sendi, hipertensi, dan penyakit jantung koroner; membantu mengurangi berat badan; memperlambat dan menghambat pertumbuhan sel kanker terutama kanker yang dipacu oleh hormon wanita.

Kandunga B12 dan zat besin-nya sangat dibutuhkan terutama bagi mereka yang hanya mengkonsumsi makanan dari tumbuh-tumbuhan (vegetarian). Bahan kapsul yang dipakai untuk mengemasnya juga berasal dari bahan herbal (vegy-cap). WHO juga telah menggunakan Spirulina untuk anak-anak dengan kasus kekurangan gizi di India, karena sifat Spirulina ini sangat mudah diserap bahkan pada kasus kekurangan gizi yang sudah terjadi penipisan lapisan penyerap makanan. 


Kesimpulannya, Spirulina dapat membantu meningkatkan kesehatan, kebugaran, dan ketahanan tubuh, membantu penyembuhan anemia, melindungi tubuh dari alergi, mencegah infeksi, dan melindungi dari kerusakan hati dan sirosis (gagal hati), untuk menambah nutrisi bagi ibu hamil dan menyusui, serta baik untuk mencegah penyebaran sel kanker. Spirulina banyak disarankan bagi para penderita kanker payudara serta kanker serviks. Bagi yang sedang diet, Spirulina juga membantu mengontrol nafsu makan yang berlebihan.



Manfaar SPIRULINA untuk  ANAK-ANAK
Bagi anak-anak, asam amino pada spirulina bisa membantu
perkembangan otak secara normal dan memperkuat otot
anak. Kemudian kalsium dan magnesium yang juga
dihadirkan spirulina berperan membantu tulang dan gigi
tetap kuat.
Infeksi virus dan bakteri pada anak pun mampu dicegah
dengan kandungan Beta-Caroten, vitamin A, C, E dan
selenium. Spirulina akan menghapus radikal bebas dalam
tubuh sehingga tubuh terlindung dari infeksi.

Khasiat:
Meningkatkan imunitas, sebagai stimulant penyembuhan kanker, sebagai suplemen dan protein, mengatasi anemia, pembentukan sel darah merah, mengatasi alergi, mengatasi penyakit yg berhubungan dengan antibiotic, mengatasi infeksi, menangkal herpes, influenza, cytomegalovirus, virus HIV, mengatasi kanker mulut, mengatsi kerusakan lever, mengurangi resiko kanker, mengurangi efek kemoterapi, lupus, gangguan jantung dan stroke, bembersihkan racun, kaya akan anti oksidan, dll
                                                                                                                          



Tidak ada komentar:

Posting Komentar